LAPORAN KUNJUNGAN PADA MEDIA MASSA CETAK SOLO POS
“Laporan ini merupakan tugas mata kuliah reka bentuk media”

Di susun oleh:
Susan Sri Jayanti (6662091723)
PRODI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS NEGERI SULTAN AGENG TIRTAYASA
2011
I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Latar belakang dibuatnya laporan ini adalah kunjungan ke perusahaan media massa cetak, Solo Pos, yang merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Lapangan, yang diselenggarakan pihak fakultas dengan peserta mahasiswa semester 5 konsentrasi jurnalistik, prodi komunikasi, Fisip, Untirta. Dan, menjadi satu tugas dari mata kuliah reka bentuk media.
1.2 Tujuan
Tujuan pembuatan laporan adalah, supaya mahasiswa mengetahui secara mendetail perusahaan media massa cetak Solo Pos. Serta pengetahuan mahasiswa terkerucut pada layout atau tampilan dari produk Solo Pos. Sehingga, ilmu teoritis yang dipelajari pada bangku perkuliahan dapat diaplikasikan dimasa mendatang dengan terlebih dahulu telah mengetahui perusahaan media massa cetak yang sebenarnya.
1.3 Metode
Metode yang digunakan adalah dengan terjun langsung ke perusahaan media massa cetak Solo Pos, kemudian dituliskan laporan kegiatan kunjungan. Sehingga isi laporan merupakan data dan fakta yang sesuai dengan realita yang ada.
II. ISI
II.1 SEJARAH
Sejarah Berdirinya Perusahaan Penerbitan Solo Pos
Ditengah tengah gejolak mahasiswa yang pada saat itu menyuarakan aspirasi mereka pada kepemimpinan Soeharto, Solopos hadir menyajikan pemberitaan. Selain pemberitaan gejolak mahasiswa, secara berani pula Solopos memblow up segala permasalahan nasional, terkerucut kepada permasalahan sosial di Kota Solo. Padahal telah disadari penuh oleh para pendiri Solopos bahwa di era orde baru, telah banyak media massa yang mati akibat dicabut ijin terbitnya (SIUPP) oleh pemerintah pusat karena tidak pro pemerintah.
Pada masa itu, pemberedelan media massa cetak diiringi pula dengan pembungkaman wartawan ternyata tidak membuat pemdiri Solopos mengurungkan niatnya untuk mendirikan perusahaan penerbitan. Apalagi, saat itu Kota Solo dikenal dengan sebutan ‘kuburan pers’ derta ‘makam media massa’. Karena, sebelum adanya Solopos, di kota Solo sendiri telah banyak media massa lokal sejenis yang terbit dan mati.
Dengan niatan yang besar, beberapa orang alumnus Unpad dan UNS, mendirikan Solopos pada tanggal 1 april 1997 dan mendapat SIUPP pada tanggal 12 agustus 1997. Solopos, diorientasikan untuk terbit 7 kali seminggu, dengan kata lain periodesasi terbitnya setiap hari. Dan ditahun 1998 tertanggal 18 juni, harian Solopos terbit untuk pertama kalinya untuk edisi minggu.
Dan, pada tahun 1998, dengan adanya tragedi pergerakan 98, berbagai media massa yang tadinya bungkam dalam artian manut terhadap pemerintah, seolah menjadi berani dengan menjadi oposisi pemerintah. berbagai pemberitaan subyektifpun muncul, dan tahun 1998 menjadi tahun keemasan bagi insan pers bukan hanya bagi Solopos namun juga bagi seluruh media massa yang ada di Indonesia.
II.2. VISI DAN MISI
Visi
Penyaji informasi utama,terpercaya dengan pengelolaan,usaha yang profesional
Misi
1) membentuk sumber daya manusia yang kompeten dan bermoral
2) selalu menyajikan informasi yang berimbang, akurat dan unggul
3) stakeholder SOLOPOS
II.3. PROFIL
Profil Perusahaan Solopos
PT Aksara SOLOPOS adalah sebuah perusahaan penerbitan yang beralamatkan di Griya Solopos Jladisucipto, No 190 Solo 57145 yang menerbitkan surat kabar umum yaitu harian umum SOLOPOS.
Persiapan penerbitan SOLOPOS yang dilakukan sejak tanggal 1 april 1997 dan diintensifkan lagi setelah SIUPP turun tanggal 12 Agustus 1997 . Dalam SIUPP disebutkan SOLOPOS terbit 7 kali seminggu, untuk edisi minggu telah terbit pertama kali pada tanggal 18 juni 1998.
Berbeda dengan koran koran daerah lain yang mengklaim diri sebagai koran nasional yang terbit di daerah, SOLOPOS justru menempatkan diri sebagai koran yang terbit didaerah. Pasalnya koran ini ingin menjadi besar didaerah dengan kian meningkatnya dinamika masyarakat Surakarta yang bakal menjadi kota internasional.
Solopos Diterbitkan oleh PT. Aksara Solopos. Surat Izin : SK menpen No 315/Sk/MENPEN/SIUPP/12 Agustus 1997
II.4. STRUKTUR
Struktur Organisasi Perusahaan Solopos
Pemimpin Umum
Prof Dr H Sukamdani S Gitosardjono
Wakil Pemimpin Umum
Danie H Soe’oed
Pemimpin Redaksi
Y Bayu Widagdo
Pemimpin Perusahaan
Bambang Natur Rahadi
Redaktur Pelaksana
Anton Wahyu Prihartono
Redaktur Senior
Mulyanto Utomo
Sekretaris Redaksi
Sri Handayani
Redaktur
Alvari Kunto Prabowo, Anik S, Apik P, Fadjar R, Haryono W,Mugi S, Rahmat W, Rini Y, Riyanta, Syifaul, Yonantha, R Bambang Aris
Kabag Litbang & Pusdok
Sholahudin
Manager Iklan
Muryati S
Manager Promosi & Eo
Rahayu Mulyaningsih
Manager Sirkulasi
Amir Tohari
Staf Redaksi Solo
Aeranie, Akhmad, Aries, Danang , Dina, Esmasari, Eni, Ery, Hanifah,Ichwan, Iskandar, Ivan, Kaled, Suharsih
Staf Redaksi Boyolali
Ahmad Mufid Aryono
Staf Redaksi Karanganyar
Damar Sri Prakoso
Staf Redaksi Sragen
Ponco Suseno
Staf Redaksi Sukoharjo
Ayu Prawitasari
Staf Redaksi Wonogiri
Trianto
Staf Redaksi Klaten
Heriono
Staf Redaksi Grobogan
Arif Fajar
Staf Redaksi Semarang
Insetyonto
Wartawan Foto
Agoes, Burhan, Ratna, Sunaryo
Alamat Redaksi / Perusahaan
Griya Solopos Jladisucipto, No 190 Solo 57145 Telp (0271) 724811, Faks Redaksi (0271) 724833. Perusahaan : (0271) 724850
Pengaduan Iklan Dan Sirkulasi
(0271) 724811
Perwakilan Jakarta
Wisma Bisnis Indonesia Lt 6 Jl. S Parman Kav. 12 – 13 Slipi Jakarta Telp (021) 5304016 , Faks (021) 5305868 , Iklan (021) Hafiz, Telp (021) 5304016 Ext 556 , Faks (021) 53085868
Perwakilan Semarang
Jl. Sompok Baru No 79 Telp (024) 8442852
Rekening Bca
Bank Bca Cabang Singosaren 153-0194708, Bank Bni Cabangslamet Riyadi No. Rek. 2803556
II.5. KONSPORASI SOLOPOS
Perusahaan penerbitan Solopos, saat ini sekurang kurangnya memiliki 12 konsporasi yang terdiri dari media massa cetak, media massa elektronik, media massa online serta lembaga lain. konsporasi atau konglomerasi media ini dilakukan dengan maksud dapat menopang media massa satu dengan yang lain.
Berikut adalah konsporasi dari perusahaan Solopos :
1. Media massa cetak nasional “Bisnis Nasional”
2. Media massa cetak lokal “harian umum SOLOPOS”
3. Media massa cetak lokal “harian Jogja”
4. Media massa elektronik “Solopos Fm”
5. Even Organizer “SOLOpro”
6. Percetakan “PT Solo Grafika Utama”
7. Hisamitsu SOLO
8. Media massa cetak lokal “O Koran Peristiwa Terkini”
9. Lembaga pelatihan jurnalistik Solopos
10. Media massa elektronik “Star Jogja Fm”
Bagian dari Solopos, Sekilas Tentang Harian Jogja
Koran praktis, selektif memilih isi, dan mengikuti tren pembaca terkini merupakan pendekatan isi dari harian Jogja. Surat kabar umum lokal ini ditujukan untuk melayani untuk melayani komunitas yang ada di provinsi Jogja dengan populasi 3,4 juta jiwa.
Tampilan praktis harian Jogja mendorong pembaca betah menikmati isi hingga tuntas. Pe nggunaan ukuran huruf yang nyaman bagi pembaca, jumlah informasi yang selektif , pengelompokan rubrikasi berita yang jelas, sertan tata warna khas Jogja (kuning, coklat, hijau , merah ) ditiap halaman, menjadikan produk ini dekat sekali dengan konsumen Jogja.
Sejak awal terbit, pembaca, pengasong, dan pengecer koran sering menyingkat koran Harian Jogja dengan sebutan Harjo, sebuah nama akrab dengan tradisi kehidupan masyarakat Jogja. Secara tidak langsung, koran tersebut mempercepat menjadi bagian dari Jogja.
Format Harian Jogja dikemas menjadi dua sisipan. Seksi satu berisi berita yang terjadi di tingkatan regional, nasional, hingga internasional. Sedangkan seksi dua dinamakan Jogjapolitan, berisi berita daerah provinsi Jogja.
III. PENUTUP
Foto Kegiatan





