LAPORAN KEGIATAN PENDIDIKAN SISTEM GANDADi KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TANGERANG
Disusun Oleh:
Nama Siswa : Susan Sri Jayanti
Disusun Oleh:
Nama Siswa : Susan Sri Jayanti
Nomor Induk : 1062654
Kelas : XII
Program Keahlian : Teknik Komputer Jaringan
Telah Disahkan dan Disetujui Oleh :
Pimpinan Instansi Pembimbing Instansi
Kepala Dinas Kepala Seksi
Pendidikan Kabupaten Tangerang, Pendidikan Non Formal
H. Achmad Suwandhi, SH Dra. Hj. Ade Muharomah, M.Si
Nip. Nip.
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1 Tangerang, Pembimbing Sekolah
Drs. Heryana Herry Fatturachman
Nip. Nip.
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME, atas berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga dalam pembuatan Laporan Kegiatan Pendidikan Sistem Ganda pada semester satu ini di SMK N 1 Tangerang, telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mengikuti UAN/ UAS Tahun ajaran 2008/ 2009, dan untuk menambah Ilmu Pengetahuan serta Pengalaman yang kemudian dapat diterapkan pada kegiatan selanjutnya.
Laporan ini ditulis berdasarkan kegiatan yang dilakukan penulis selama melaksanakan kegiatan PSG di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang. SMK N 1 Tangerang mengadakan kegiatan PSG bertujuan agar para siswa/ siswi dapat mengenal dunia kerja dan tata cara bekerja dengan professional sehingga nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang terlatih dan berkualitas di masa depan.
Sehubungan dengan ini, penulis menyadari bahwa laporan ini tidak mungkin dapat terselesaikan tanpa bantuan pihak – pihak terkait yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk baik dalam pelaksanaan kegiatan PSG maupun dalam penyusunan karya tulis, antara lain kepada :
1. Allah SWT atas semua berkat dan rahmat-Nya,2. Kedua Orang Tua tercinta yang telah memberikan do’a restunya,3. Bpk. Drs. Heryana selaku Kepala SMK Negeri 1 Tangerang,4. Bpk. Herry Faturachman sebagai pembimbing kegiatan PSG,5. Bpk. H. Achmad Suwandhi, SH. Selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang,6. Bpk. H. Kusmayadi selaku Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Sekolah Dasar,7. Bpk. Karnadi selaku Kepala Seksi Sekolah Dasar,8. Ibu Dra. Hj. Ade Muharomah, M. Si. Selaku Pembimbing Instansi pada bagian Pendidikan Non Formal,9. Seluruh staf bagian PNF dan SD,10. serta pihak pihak yang telah membantu secara moriil dan materiil yang tidak dapat disebutkan satu per satu.
Akhir kata penulis mengucapkan semoga laporan ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca. Penulis sadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis mohon saran dan kritik guna membangun semangat untuk dapat membuat yang lebih baik lagi pada kesempatan lainnya. Atas perhatian dan apresiasinya penulis mengucapkan terima kasih.
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME, atas berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga dalam pembuatan Laporan Kegiatan Pendidikan Sistem Ganda pada semester satu ini di SMK N 1 Tangerang, telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mengikuti UAN/ UAS Tahun ajaran 2008/ 2009, dan untuk menambah Ilmu Pengetahuan serta Pengalaman yang kemudian dapat diterapkan pada kegiatan selanjutnya.
Laporan ini ditulis berdasarkan kegiatan yang dilakukan penulis selama melaksanakan kegiatan PSG di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang. SMK N 1 Tangerang mengadakan kegiatan PSG bertujuan agar para siswa/ siswi dapat mengenal dunia kerja dan tata cara bekerja dengan professional sehingga nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang terlatih dan berkualitas di masa depan.
Sehubungan dengan ini, penulis menyadari bahwa laporan ini tidak mungkin dapat terselesaikan tanpa bantuan pihak – pihak terkait yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk baik dalam pelaksanaan kegiatan PSG maupun dalam penyusunan karya tulis, antara lain kepada :
1. Allah SWT atas semua berkat dan rahmat-Nya,2. Kedua Orang Tua tercinta yang telah memberikan do’a restunya,3. Bpk. Drs. Heryana selaku Kepala SMK Negeri 1 Tangerang,4. Bpk. Herry Faturachman sebagai pembimbing kegiatan PSG,5. Bpk. H. Achmad Suwandhi, SH. Selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang,6. Bpk. H. Kusmayadi selaku Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Sekolah Dasar,7. Bpk. Karnadi selaku Kepala Seksi Sekolah Dasar,8. Ibu Dra. Hj. Ade Muharomah, M. Si. Selaku Pembimbing Instansi pada bagian Pendidikan Non Formal,9. Seluruh staf bagian PNF dan SD,10. serta pihak pihak yang telah membantu secara moriil dan materiil yang tidak dapat disebutkan satu per satu.
Akhir kata penulis mengucapkan semoga laporan ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca. Penulis sadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis mohon saran dan kritik guna membangun semangat untuk dapat membuat yang lebih baik lagi pada kesempatan lainnya. Atas perhatian dan apresiasinya penulis mengucapkan terima kasih.
Tangerang, 1 Agustus 2008 Penulis,
Nis. 1062654
DAFTAR ISI
Halaman JudulLembar PengesahanKata PengantarDaftar isi
BAB I Pendahuluan1.1 Latar Belakang1.2 Dasar Penulisan1.3 Maksud dan Tujuan1.4 Metode Penulisan
BAB II Gambaran Umum Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang 2.1 Latar Belakang Instansi dan Frofil Umum 2.2 Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Pendidikan Sekolah Dasar (SD) 2.3 Visi dan Misi Instansi 2.4 Tujuan dan sasaran 2.5 Struktur Organisasi Instansi
BAB III Laporan Kegiatan 3.1 Pelaksanaan Kegiatan 3.2 Hasil Kegiatan
BAB IV Penutup 4.1 Kesimpulan 4.2 Saran
Daftar Pustaka
Lampiran – Lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
Sebelum menyususun laporan hasil praktek kerja lapangan ini penulis akan mengemukakan terlebih dahulu hal yang berhubungan dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu :
1.1 LATAR BELAKANG
Pelaksanakan pendidikan dan pelatihan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah suaru kegiatan proses belajar mengajar dalam dunia kerja. Latihan di dunia kerja yang sesungguhnya menerapkan semua teori-teori yang sudah di pelajari siswa atau siswi kemudian mempraktekkannya di lapangan kerja sebagai penerapannya dari hasil pelajaran dan bimbingan yang baik dari sekolah.Proses pembelajarannya di sekolah bertujuan untuk mengolah setiap kemampuan, belajar untuk berkomunikasi, mengembangkan potensi dan kepribadian yang dimiliki untuk dikembangkan dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, menguasai IPTEK, mampu mengembangkan diri dan mencoba sesuai perkambangan jaman dan adanya globalisasi yang berkembang di dunia bisnis.Di dalam proses pelatihan didunia kerja, sesungguhnya dilakukan agar siswa dan siswi dapat menguasai kompetensi yang standar atau dasar pada bidangnya dan mengembangkan dan mempelajari setiap kegiatan – kegiatan yang baru dan bersikap professional sebagai calon tenaga kerja yang berkualitas di sertai dengan nilai – nilai sikap seperti kejujuran, kesopanan, disiplin diri, disiplin waktu, dan lain – lain. Semua itu untuk mendapat penilaian yang baik sebagai siswa atau siswi PSG terhadap lingkungan karyawan perusahaan.Atas semuanya itu, maka kegiatan pendidikan dan pelatihan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di laksanakan di dua tempat, yaitu di sekolah dan di dunia kerja (perusahaan). Di sekolah kita mendapatkan teori – teori dasar sesuai bidangnya, seperti akuntansi. Setelah itu di perusahaan mempraktekan dan melakukannya dengan baik. System dan pelatihan ini di kenal sebagai Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
1.2 DASAR PENULISAN
Ada beberapa yang tertuang dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang system pendidikan nasional, PP No. 29 Tahun 1990 tentang pendidikan menengah, PP No. 39 Tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional.Adapun isi dari undang- undang tersebut adalah sebagai berikut :1. Penyelenggaraan pendidikan melalui 2 (dua) jalur, yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah (UUSPN,BAB IV, Pasal 10 ayat 1).2. Penyelenggaraan sekolah dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan PP 29, BAB XI, Pasal 29 ayat 1.3. pengadaan dan pendayagunaan sumber daya pendidikan di lakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan keluarga peserta didik (UUSPN BAB VII, Pasal 33).4. Masyarakat sebagai mitra pemerintah yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional (UUSPN, BAB XIII, Pasal 47 ayat 1).5. Peran serta masyarakat dapat membentuk pemberian kesempatan atau magang atau latihan kerja (PP 39, BAB III, Pasal 4 ayat 8).6. Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam system pendidikan nasional (PP 39, BAB VI, Pasal 8 ayat 2).7. Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah (PP 29, BAB XIII, Pasal 32 ayat 2).8. Pelaku peran serta masyarakat dapat mengadakan forum konsultasi, kerja sama dan koordinasi (PP 39, BAB VI, Pasal 10).
Ada beberapa yang tertuang dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang system pendidikan nasional, PP No. 29 Tahun 1990 tentang pendidikan menengah, PP No. 39 Tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional.Adapun isi dari undang- undang tersebut adalah sebagai berikut :1. Penyelenggaraan pendidikan melalui 2 (dua) jalur, yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah (UUSPN,BAB IV, Pasal 10 ayat 1).2. Penyelenggaraan sekolah dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan PP 29, BAB XI, Pasal 29 ayat 1.3. pengadaan dan pendayagunaan sumber daya pendidikan di lakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan keluarga peserta didik (UUSPN BAB VII, Pasal 33).4. Masyarakat sebagai mitra pemerintah yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional (UUSPN, BAB XIII, Pasal 47 ayat 1).5. Peran serta masyarakat dapat membentuk pemberian kesempatan atau magang atau latihan kerja (PP 39, BAB III, Pasal 4 ayat 8).6. Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam system pendidikan nasional (PP 39, BAB VI, Pasal 8 ayat 2).7. Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah (PP 29, BAB XIII, Pasal 32 ayat 2).8. Pelaku peran serta masyarakat dapat mengadakan forum konsultasi, kerja sama dan koordinasi (PP 39, BAB VI, Pasal 10).
1.3 MAKSUD DAN TUJUAN
Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) merupakan suatu kegiatan yang harus dilaksanakan oleh siswa/ siswi SMK yang duduk di kelas 3 (tiga) sebelum Ujian Akhir Nasional (UAN) Tahun Ajaran 2006/ 2007.Maksud dari penulisan laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) si suatu perusahaan yaitu untuk mengetahui sejauh mana siswa/ siswi untuk melaksanakan tugas- tugas tiap harinya. Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bermaksud membimbing siswa/ siswi untuk melaksanakan praktek di lapangan. Selain itu, laporan ini di ajukan sebagai salah satu syarat untuk menempuh ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN).Tujuan diadakannya kegiatan Pendidikan Sistem Ganda di SMK Negeri 1 Tangerang adalah sebagai berikut :
1. Membimbing siswa/ siswi agar labih aktif, berpengalaman, kreativ, dan teliti dalam melaksanakan tugas- tugas yang di berikan dalam suatu instansi/ perusahaan.2. menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.3. memperoleh ling dan match antara sekolah dengan dunia usaha kerja yang berkualitas dan professional.4. memberikan pelatihan kerja pada siswa/ siswi agar saat lulus bisa langsung terjun ke dunia kerja dan itu merupakan misi sekolah kejuruan.5. menghubungkan adanya tali silaturahmi dan hubungan kerja sama antara sekolah dengan perusahaan / instansi.6. membekali siswa/ siswi untuk mengembangkan kepribadian, potensi akademik, dan dasar – dasar keahlian yang kuat dan benar melalui pembelajaran Normatif, Adaptif, dan Produktif.7. Memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar siswa/ siswi mampu menguasai kompetensi keahlian produktif standar, menginteralisasikan sikap dan nilai budaya industri yang berorientasi kepada standar mutu, nilai- nilai ekonomi dan jiwa kewirausahaan serta membentuk etos kerja yang krisis, produktif dan kompetitif.8. Dapat menjalin hubungan baik diantara perusahaan dengan sekolah tersebut.9. Dapat mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sekolah.10. Melatih diri untuk bersikap ramah, sopan, dan kreatif antar sesama rekan kerja atau karyawan perusahaan.11. mempelajari komunikasi yang efektif di sertai dengan kata – kata yang sopan dan tidak menyinggung.12. Memberikan pelatihan kerja yang sesungguhnya supaya lebih siap dalam menghadapi masa depan kelak.
1.4 METODE PENULISAN
Penulis menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan data – data dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, untuk penyelesaian laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).a. Observasi (Pengamatan Langsung)Melakukan observasi atau pengamatan langsung dengan praktek kerja di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang selama 2 bulan. Sehingga penulis mengetahui gejala- gejala yang terjadi pada instansi tersebut.b. Interview ( Wawancara)Penulis melakukan percakapan dan Tanya jawab secara langsung sehingga membantu dalam penulisan laporan ini.c. Study PustakaPenulis melakukan beberapa kegiatan untuk mencari data – data melalui buku – buku yang berkaitan tentang teori- teori yang mendukung bahasan laporan sehingga menjadi perbandingan dengan apa yang akan dijabarkan oleh penulis pada laporan.
BAB II
GAMBARAN UMUM KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TANGERANG
2.1 SEJARAH INSTANSI
A. LATAR BELAKANG INSTANSI
Langkah awal untuk kerja setiap seksi dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang untuk membuat program kerja tahun 2008, penyusunan program ini merupakan kegiatan awal Kepala Seksi Pendidikan SD untuk melaksanakan kegiatan – kegiatannya, sehingga adanya kesinambungan dari program yang telah lalu dan yang akan dilaksanakan pada masa mendatang.
Program kerja ini disusun sebagai alat manajerial untuk dijadikan bahan data menetapkan kebijakan, program dan kegiatan lebih lanjut seksi pendidikan Sekolah Dasar.
B. FROFIL UMUM
Bidang Pendidikan Prasekolah/TK dan SD dan Pelayanan Kurikulum Kesiswaan, Evaluasi dan Pengembangan kurikulum terdiri dari seksi pendidikan Prasekolah/TK, Seksi Pendidikan SD dan Seksi Pendidikan Pelayanan Kurikulum Kesiswaan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum mempunyai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Pengendali Mutu SD yang berada di 26 Kecamatan.
A. LATAR BELAKANG INSTANSI
Langkah awal untuk kerja setiap seksi dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang untuk membuat program kerja tahun 2008, penyusunan program ini merupakan kegiatan awal Kepala Seksi Pendidikan SD untuk melaksanakan kegiatan – kegiatannya, sehingga adanya kesinambungan dari program yang telah lalu dan yang akan dilaksanakan pada masa mendatang.
Program kerja ini disusun sebagai alat manajerial untuk dijadikan bahan data menetapkan kebijakan, program dan kegiatan lebih lanjut seksi pendidikan Sekolah Dasar.
B. FROFIL UMUM
Bidang Pendidikan Prasekolah/TK dan SD dan Pelayanan Kurikulum Kesiswaan, Evaluasi dan Pengembangan kurikulum terdiri dari seksi pendidikan Prasekolah/TK, Seksi Pendidikan SD dan Seksi Pendidikan Pelayanan Kurikulum Kesiswaan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum mempunyai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Pengendali Mutu SD yang berada di 26 Kecamatan.
2.2 TUGAS POKOK DAN FUNGSI SEKSI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
C. TUGAS POKOK1. Membina palaksanaan kurikulum2. Memasyarakatkan penjabaran dan penyesuaian Kurikulum3. Melakukan evaluasi pelaksanaan kurikulum4. Menyusun draf petunjuk palaksanaan evaluasi pelajaran 5. Mengadakan evaluasi terhadap kurikulum atas materi GBPP6. Mengadakan inovasi kurikulum7. Merancang pengembangan kurikulum atas sajian mata pelajaran yang berbasis ilmu dan teknologi pendidikan8. Menyelenggarakan pelatihan bagi tenaga kapendidikan 9. Merancang peningkatan kualitas kinerja
D. FUNGSI1. Penyusunan rancangan kurikulum muatan local2. pemantauan dan pembinaan serta mengevaluasi keterlaksanaan manajemen berbasis sekolah3. Pelaksanaan evaluasi tiap catur wulan akhir tahun pelajaran dan ujian akhir SD atau yang sederajat4. Pengevaluasian pelaksanaan ujian akhir sebagai bahan masukan atasan5. Pelaksaan koordinasi antar seksi dalam bidang6. Merekomendasikan pendirian pendidikan sekolah dasar atau yang sederajat7. Pemasyarakatan evaluasi dengan standar kompetensi guru 8. Pelaksanaan kesesuaian kurikulum dengan tingkat kematangan murid9. Pengajuan usul penyesuaian dan penyempurnaan kurikulum10. Pengmpulan dan pengolahan data dalam mempersiapkan sarana sebagai pertimbangan dan pemeliharaan prasarana dan sarana pendidikan11. Pengurusan penelitian dan penyelesaian status kepemilikan tanah dan gedung sebagai prasarana pendidikan
2.3 VISI DAN MISI INSTANSI
E. VISI1. Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang :Terwujudnya Kabupaten Tangerang terunggul dalam mutu lulusan, lulusan pendidikam usia didi (PAUD) pendidikan dasar, menengah dan luar sekolah se-Propinsi Banten pada Tahun 2008, dalam rangka melahirkan generasi baru yang madani.2. Visi Bidang Prasekolah, TK dan SD :Terwujudnya Kabupaten Tangerang terunggul dalam mutu lulusan SD di Propinsi Banten pada Tahun 2008, dalam rangka melahirkan generasi baru yang memadai.3. Visi Pendidikan SD :Terwujudnya Kabupaten Tangerang terunggul dalam lulusan SD di Propinsi Banten Pada Tahun 2008 dalam rangka melahirkan generasi baru yang madani.
F. MISI1. Misi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TangerangUntuk mewujudkan visi tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan merumuskan misi sebagai berikut :a. Mempasilitasi pembangunan pengembangan dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, Menengah dan Luar Sekolah serta penuntasan buta aksara (peningkatan angka melek hurup);b. Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, Menengah dan Luar Sekolah Berbasis Kompetensi berwawasan lingkungan gender dan berbudaya sains;c. Mengembangkan potensi Kepmendagri Keolahragaan, Kewirausahaan dan Minat Baca Masyarakat;d. Mengembangkan dan melestarikan budaya daerah kabupaten Tangerang;e. Membina dan mengembangkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;f. Mengembangkan Organisasi dan administrasi/ managemen Pendidikan Berbasis Sekolah dan Berbasis Masyarakat.g. Mengembangkan manajemen pembiyayaan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, Menengah dan Luar Sekolah sesuai dengan prinsip Gopermance dan Acuntable;h. Mengatasi dan mengendalikan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, Menengah, dan Luar sekolah.
2. Misi Bidang Pendidikan TK dan SD :a. Mempasilitasi pembangunan pengembangan dan penyelenggaraan Pendidikan Prasekolah/ TK dan SD.b. Mengmbangkan kurikulum pendidikan Prasekolah/ TK dan Sekolah Dasarc. Mengembangkan organisasi administrasi manajemen pendidikan berbasis sekolah dan berbasis masyarakat.d. Mengembangkan manajemen pembiayaan penyelenggaraan Prasekolah/ TK dan Sekolah Dasar sesuai dengan prinsip government dan acuntable.
2.4 TUJUAN DAN SASARAN
Tujuan :a. Terselenggaranya pembinaan dan pengembangan penyelenggaraan pendidikan SD.b. Terlaksananya penetapan sistim Penerimaan Siswa Baru.c. Terkumpulnya dan Terolahnya kepemilikan prasarana, sarana, peralatan pendidikan untuk pengadaan dan pemeliharaan pendidikan SD.d. Terlaksananya pembinaan dan pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah pada Pendidikan SD.e. Memberdayakan Gugus SD.f. Memberdayakan peran fungsi komite sekolah.g. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam pengelolaan pendidikan SD.h. Mengembangkan sekolah terpadu melalui pendidikan inklusi.i. Meningkatkan pemberian beasiswa dalam rangka penuntasan wajar Dikdas 9 Tahun.j. Meningkatkan lomba kreativitas anak pendidikan Sekolah Dasar.k. Meningkatkan sosialisasi penetapan dan penggunaan kompetensi lulusan.l. Meningkatkan implementasi konsep pembelajaran aktif, inovatif, kreativ, efesien dan menyenangkan (PAIKEM).m. Meningkatkan pemberian beasiswa dan prestasi.
Sasaran :Sasaran pembinaan Seksi Pendidikan Sekolah Dasar :- Jumlah SD Negeri- Jumlah SD Swasta- Jumlah SD Seluruhnya- Jumlah rombongan belajar SD Negeri- Jumlah rombongan belajar SD Swasta- Jumlah rombongan belajar SD Seluruhnya- Jumlah Peserta Ujian SD Negeri- Jumlah Peserta Ujian SD Swasta- Jumlah Peserta Ujian SD- Jumlah Peserta Ujian MI- Jumlah Peserta Ujian SD dan MI- Jumlah lulusan SD Negeri Tahun 2007- Jumlah lulusan SD Swasta Tahun 2007- Jumlah lulusan SD Seluruhnya- Jumlah yang tidak lulus SDN- Jumlah yang tidak lulus SDS- Jumlah yang tidak lulus seluruhnya- Jumlah PSB SD Negeri Tahun 2007- Jumlah PSB SD Swasta Tahun 2007- Jumlah PSB SD Seluruhnya Tahun 2007- Jumlah murid SD Swasta Tahun 2007- Jumlah Murid SD Negeri Tahun 2007- Jumlah Murid SD Seluruhnya Tahun 2007- Jumlah guru umum SD Negeri di SD Negeri- Jumlah guru umum SD Negeri di perbantukan- Jumlah guru umum SD Negeri seluruhnya- Jumlah guru umum SD Swasta- Jumlah guru olahraga negeri- Jumlah guru olahraga swasta- Jumlah guru olahraga seluruhnya- Jumlah guru agama Inpres- Jumlah guru agama Depag- Jumlah guru agama negeri seluruhnya- Jumlah guru agama swasta- Jumlah guru agama negeri dan swasta- Jumlah GBS SD di SD Negeri- Jumlah GBS SD di Swasta- Jumlah GBS seluruhnya- Jumlah Guru Sukwan di SD Negeri- Jumlah GTY SD- Jumlah Penjaga SD Negeri- Jumlah Penjaga SD Sukwan di SD Negeri- Jumlah Penjaga SD Swasta
2.5 STRUKTUR ORGANISASI INSTANSI
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
3.1 PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan – kegiatan yang penulis lakukan selama 3 (tiga) bulan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang pada bagian kantor Pendidikan Non Formal dan Sekolah Dasar (PNF & SD), meliputi berbagai kegiatan. Kegiatan – kegiatan tersebut akan penulis uraikan dibawah ini :
• MENYIMPAN DAN MENEMUKAN KEMBALI SURAT
• MENGETIK BERBAGAI NASKAH DOKUMEN
• MENGELOLA ADMINISTRASI KANTOR?
Melakukan Penataan Ruang Kantor? Melakukan Komunikasi Secara Internal & External? Mengelola Arsip
• MENGERJAKAN PEKERJAAN SEKERTARIS?
Menangani Telpon? Menangani Tamu? Menangani Alat Tulis & Perlengkapan Kantor? Mengatur Pertemuan Rapat? Mengelola Dokumen? Menangani Laporan
• MENGIKUTI APEL PAGI INSTANSI
Kantor Dinas Pendidikan Kabuoaten Tangerang, selalu mengadakan apel pagi rutin setiap harinya. Hal itu dilakukan sebagai pembekalan sebelum melakukan / melaksanakan tugas. Sehingga seluruh keluarga besar instansi akan lebih siap menghadapi pekerjaan yang menumpuk.
• MEMBERSIHKAN RUANGAN
Sebelum mengerjakan tugas, kami para peserta PSG selalu melaksanakan pekerjaan dasar terlebih dahulu, seperti halnya membersihkan ruangan. Karena lingkungan yang bersih akan mnembangkitkan semangat / etos krja yang tinggi.
• MERAKIT KOMPUTER
Komputer yang masih berceceran / belum terpasang perangkat perangkatnya, di rakit dan di rapikan untuk selanjutnya dipergunakan untuk menyelesaikan tugas tugas seperti meng-input data data dan pengetikan.
• PENATAAN SURAT? menggandakan surat? meminta cap stempel ke bagian umum ? melipat surat / mengisi referensi surat
• ENTRY DATA SURAT
? SURAT MASUK
Sesuai dengan prosedur instansi, surat yang diterima atau disebut juga surat masuk diterima oleh kantor/ instansi lalu di foto copy, siserahkan kepada tujuan surat tersebut dan foto copynya diserahkan ke bagian administrasi untuk diarsip dan juga surat keluar dibuat untuk keperluan perusahaan lalu setelah itu di fotocopy, diserahkan kebagian administrasi untuk di-arsip, lalu nomor surat, tujuan atau pengirim dan perihal
? Beasiswa Siswa Miskin Untuk pendataan Siswa siswi miskin pada tiap sekolah yang terdapat di wilayah Kabupaten Tangerang, untuk diberikan bantuan berupa beasiswa agar dapat meringankan beban dana dalam bersekolah dan supaya dapat melanjutkan sekolahnya. Pada berkas ini dilakukan pendataan pndataan, pengetikan serta penginputan datanya ke dalam computer.
? Rekapitulasi Ranking UASBN THN 2007 / 2008Data Nilai tertinggi dan terendah hasil UASBN TA 2007/ 2008 tiap tiap sekolah perkecamatan. Untuk selanjutnya dilakukan pengagendaan kedalam buku besar dan menginput datanya kedalam computer pada file yang telah tersedia.
? Instrumen Evaluasi diri Data berupa keadaan Sekolah, beserta surat surat perijinan bangunannya. Untuk dilakukan pendataan dan peng-akreditasian. Selanjutnya dilakukan pendataan dan mem-validasi datanya pada computer yang telah tersedia filenya.
? KTSP sekolah sekolah kecamatanData berupa kurikulum sekolah tiap tiap kecamatan. Setelah menerima berkasnya, dilakukan pendataan dan dirapihkan berkasnya karena bertumpuk tidak rapi (berantakan).
? Laporan Kilat per KecamatanBerupa Data Rekapitulasi Ranking UASBN TA 2007/2008
? Surat surat UPT Kecamatan
? Data Gugus Guru UPT PMP KECAMATANMenerima data gugus guru per kecamatan yang diserahkan oleh UPT, setelah diterima dilakukan pengagendaan kedalam buku besar dengan sebelumnya dibuat dahulu format datanya.
? SURAT KELUAR
? Surat untuk UPT Kecamatan Berisi dengan maksud dan tujuan permintaan data kelulusan UASBN SD TH 2008 untuk pendataan. Memberikan suratnya kepada perwakilan tiap tiap kecamatan untuk diserahkan kepada UPTnya dengan sebelumnya meminta tanda terima.
• DATA PENGAWAS TK/ SD UNTUK KEGIATAN MONITORING UASBN TA 2007/2008.
Melakukan pengecekan dengan menanyakan pada anggota UPT Kecamatan yang kebetulan sedang berkunjung / bertamu supaya datanya valid. Setelah itu dilakukan pengecekan pada computer dan pengisian datanya apabila belum terisi.
• PENGECEKAN DATA BULANAN UPTD
• PENGGANDAAN BERKAS ARSIP KANTOR PNF & SD
Setiap berkas - berkas dalam kantor / instansi seperti halnya surat surat edaran, surat tugas dan lainya, harus silakukan penggandaan dengan menyalinnya kedalam buku besar atau dengan di foto copy untuk selanjutnya dijadikan berkas kantor.keduanya di input kedalam computer untuk memudahkan pencarian sesuai yang dibutuhkan.
• MERAPIKAN DATA KANTOR/ INSTANSI
Didalam pengarsipan, surat masuk dan keluar didalam lemari arsip tidak semua surat dalam keadaan urut, dikarenakan adanya tanggal, dan hal hal lainya seperti oragng/ instansi yang dituju tidak tidak ditemuai, jadi surat keluar itu mengalami masalah / tidak sampai pada tujuan, tetapi harus tetap diinput sesuai dengan nomor yang ada.
• MENGELOMPOKAN DATA DAFTAR I & II BULANAN PER KECAMATAN
- Merapikan arsip instansi berupa laporan daftar I & II kecamatan yang berisi tentang keterangan keadaan sekolah pada masing masing kecamatan. Merapikan arsip, menyusunnya berdasarkan urutan bulan terbitnya laporan. etelah itu mendatanya, sehingga dapat mengetahui Kecamatan mana saja yang belum menyerahkan Daftar, sehingga datanya menjadi benar benar valid. Setelah itu dilakukan penggandaan dengan cara menyalin laporan tertulisnya pada buku besar kumpulan data data daftar.
• MENGIMPUT DATA KE KOMPUTER
Memasukan data data ke dalam computer dan disimpan sebagai suatu file perusahaan.
• PEMINDAHAN & PENATAAN BERKAS ARSIP INSTANSI
• MEMINTA CAP STEMPEL & NOMOR SURAT
Untuk Keperluan berbagai surat, seperti halnya surat tugas, surat edaran, surat undangan dan lain lain.
• MENEMPELKAN GUIDE
Menempelkan guide pada surat untuk mempermudah pemintaan tandatangan kepada kepala dinas atau pihak pihak yang bersangkutan.
• PENDATAAN PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
Banyak lembaga atau yayasan PAUD yang berdiri Liar atau tanpa surat surat perizinan, seperti halnya surat izin mendirikan lembaga dan surat izin memdirikan bangunan. Pihak pihak yang ingin mendirikan yayasan PAUD menyerahkan berkas berkas berupa data data untuk selanjutnya ditindak lanjuti, dilakukan pengecekan dan didata. Setelah itu dilakukan survei langsung ke lapangan.
3.2 HASIL KEGIATAN
Hasil kegiatan yang penulis dapatkan selama melakukan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang adalah, penulis mendapatkan banyak pengalaman tentang begaimana caranya berorganisasi dan bekerja sama. Disetiap harinya penulis selalu mendapatkan pekerjaan yang berbeda- beda sehingga menantang kemampuan dan rasa ingin tahu lebih jauh mengenai proses dan cara kerja di perusahaan.
Selain itu, penulis juga dapat mengetahui bagaimana caranya melayani komsumen dengan baik, mengetahui tata cara merapikan berkas berkas, mengetahui permasalahan dan penyelesaian tentang surat menyurat dan prosedurnya pada Kantor Pendidikan Non Formal dan Sekolah Dasar, serta bertambahnya pengetahuan penulis tentang pengarsipan.
BAB IV
Selain itu, penulis juga dapat mengetahui bagaimana caranya melayani komsumen dengan baik, mengetahui tata cara merapikan berkas berkas, mengetahui permasalahan dan penyelesaian tentang surat menyurat dan prosedurnya pada Kantor Pendidikan Non Formal dan Sekolah Dasar, serta bertambahnya pengetahuan penulis tentang pengarsipan.
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
4.1 KESIMPULAN
Setelah penulis menyusun dan membahas laporan yang sebelumnya telah melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada bagian Pendidikan Non Formal dan Sekolah Dasar (PNF & SD) maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :1. Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di selenggarakan untuk mempersiapkan siswa/ siswi untuk memasuki dunia kerja dan mengembangkan sikap potensial.2. Dunia usaha berperan serta dalam penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda untuk memberikan kesempatan agar siswa/ siswi mendapat latihan kerja yang sesungguhnya.3. Pendidikan Sistem Ganda mengubah peserta didik dari status beban menjadi aset pembangunan yang produktif.4. Pendidikan Sistem Ganda juga diselenggarakan untuk menjadikan siswa/ siswi yang mandiri, berprestasi, dan berbudi pekerti baik.5. Pendidikan Sistem Ganda memberikan banyak pengalaman dalam menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi didunia kerja.6. Pendidikan Sistem Ganda membangun semangat berkecimpung dalam dunia kerja pada diri peserta didik.7. Pendidikan Sistem Ganda membuat peserta didik lebih siap dalam menghadapi masa depan.8. Pendidikan Sistem Ganda memberikan pelatihan kepada peserta didik agar pada saat lulus sekolah dapat langsung terjun ke perusahaan dan itu merupakan misi dari sekolah kejuruan.
4.2 SARAN
Saran penulis demi kesempurnaan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) untuk kedepannya adalah sebagai berikut :1. Penulis mengharapkan adanya keseragaman waktu dalam memulai pelaksanaan kesiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).2. Penulis mengharapkan adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antara atasan dan karyawan, sehingga terjalinnya kerjasama yang baik.3. Penulis mengharapkan agar kemampuan peserta PSG dapat lebih maximal dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.4. Penulis mengharapkan agar peserta PSG diberikan nilai dan semangat kerja.5. Penulis mengharapkan tidak adanya diskriminasi/ perbedaan dalam pelaksanaan PSG.6. Penulis mengharapkan agar pihak pembimbing dan perusahaan dapat memberikan pengalaman- pengalaman, guna menambah pengetahuan dan kreativitas peserta PSG.7. Penulis mengharapkan sekolah memberikan bekal kepada siswa/ siswi yang akan melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sebelum terjun ke lapangan/ Tempat Praktek.8. Penulis mengharapkan sekolah lebih mengutamakan kehadiran guru pembimbing dalam hal pengawasan di lapangan siswa siswi yang menjadi peserta PSG.
DAFTAR PUSTAKA
Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) tahun 2005/ 2006
Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) tahun 2008/2009
Program Kerja Kasi Pendidikan SD Tahun 2007
Jurnal Kegiatan Siswa Program Pendidikan Sistem GandaPraktek kerja Industri / Instansi (PRAKERIN)
4.2 SARAN
Saran penulis demi kesempurnaan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) untuk kedepannya adalah sebagai berikut :1. Penulis mengharapkan adanya keseragaman waktu dalam memulai pelaksanaan kesiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).2. Penulis mengharapkan adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antara atasan dan karyawan, sehingga terjalinnya kerjasama yang baik.3. Penulis mengharapkan agar kemampuan peserta PSG dapat lebih maximal dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.4. Penulis mengharapkan agar peserta PSG diberikan nilai dan semangat kerja.5. Penulis mengharapkan tidak adanya diskriminasi/ perbedaan dalam pelaksanaan PSG.6. Penulis mengharapkan agar pihak pembimbing dan perusahaan dapat memberikan pengalaman- pengalaman, guna menambah pengetahuan dan kreativitas peserta PSG.7. Penulis mengharapkan sekolah memberikan bekal kepada siswa/ siswi yang akan melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sebelum terjun ke lapangan/ Tempat Praktek.8. Penulis mengharapkan sekolah lebih mengutamakan kehadiran guru pembimbing dalam hal pengawasan di lapangan siswa siswi yang menjadi peserta PSG.
DAFTAR PUSTAKA
Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) tahun 2005/ 2006
Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) tahun 2008/2009
Program Kerja Kasi Pendidikan SD Tahun 2007
Jurnal Kegiatan Siswa Program Pendidikan Sistem GandaPraktek kerja Industri / Instansi (PRAKERIN)




